Harga Bibit Ayam Potong

Permintaan daging ayam di pasaran yang tinggi harus diiimbangi dengan ketersediaan ayam potong yang mencukupi. Harga yang inkonsisten juga menjadi dampak dari ketidakseimbangan antara permintaan dengan pasokan. Ketika permintaan pasar semakin banyak tetapi stok daging ayam tidak memadai, harga daging ayam pun akan melonjak naik. Adapun fakor lain yang turut mempengaruhi ketidakstabilan harga daging ayam antara lain sulitnya akses distribusi, kenaikan BBM, serta faktor-faktor produksi yang lain.

Harga Bibit Ayam Potong (Ciri, Pemeliharaan, dan Pakan)

Nah, untuk mengatasi kekurangan stok daging ayam, para peternak harus jeli dalam memainkan perannya sebagai produsen daging ayam. Kalangan pebisnis ayam pedaging atau ayam potong tentu sudah menguasai tips pemeliharaan ayam potong. Nah, Anda yang baru berada pada tahap beginner tentu harus belajar dari mereka yang sudah malang melintang terjun di dunia peternakan ayam pedaging. Anda juga bisa belajar dan mengakses informasi dari beragam media, seperti dalam situs ini. Di sini, mimin akan menyajikan beragam informasi seputar ayam potong yang semoga dapat membuka wawasan Anda jauh lebih luas.

Yuk Baca Juga :   Harga Ayam Cemani

Harga Bibit Ayam Potong




A. Ciri-ciri Bibit Ayam Potong yang Baik

Pemilihan bibit ayam potong penting dalam memaksimalkan hasil panen. salah dalam memilih bibit akan berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas daging ayam. Terdapat produden bibit ayam potong berskala rumahan dan skala pabrikan. Pada umumnya, bibit ayam potong pabrik memiliki kualitas yang lebih baik. Nah, agar tidak terkecoh dengan bibit di pasaran yang kurang bermutu, simak tips memilih bibit ayam potong yang baik berikut ini.

  • Sehat dan memiliki fisik yang normal
  • Pertumbuhan dan perkembangan yang baik
  • Berasal dari bibit atau indukan unggul
  • Duburnya steril dari kotoran
  • Bulu anakan atau bibit halus dan menutupi kulit
  • Memiliki nafsu makan yang tinggi
  • Berat tubuhnya sekitar 35-40 gr

Selain itu, ada tiga jenis bibit ayam potong berdasarkan kualitasnya, yaitu:

  • Grade A, merupakan bibit ayam potong dengan mutu terbaik, berat tubuhnya mencapai lebih dari 40 gr, berasal dari pabrik dan dijual dengan harga tinggi.
  • Grade B, hasil sortiran dari bibit grade A, beratnya di bawah 40 gr, tetap berkualitas, hanya ukurannya saja yang kecil.
  • Grade C/ polos, sortiran dari grade A dan grade B, banyak bibit yang kecil dan cacat, harganya lebih murah.
Yuk Baca Juga :   Harga Ayam Saigon

B. Pemeliharaan Bibit Ayam Potong yang Baik

Meskipun bibit yang Anda peroleh adalah bibit kualitas unggul, jika pemeliharaannya kurang baik akan menghasilkan ayam yang kurang baik pula. Sebaliknya, jika bibit Anda tidak begitu bagus, namun Anda ulet dan telaten dalam melakukan pemeliharaan, tidak menutup kemungkinan, si ayam akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Bagaimana sih cara merawat bibit ayam potong yang baik sehingga menghasilkan daging yang banyak dan bermutu? Kepoin saja poin-poin yang berikut ini!

  • Pemilihan bibit ayam yang bermutu
  • Buatlah kandang ayam yang kondusif
  • Lengkapi kandang dengan saluran pembuangan
  • Beri suplemen makanan berupa larutan gula merah
  • Berikan lampu dan brooder (penghangat)
  • Beri asupan makanan yang bernutrisi
  • Berikan vaksin
Yuk Baca Juga :   Harga Ayam Poland

C. Pakan untuk Bibit Ayam Potong

Pakan berkontribusi dalam penentuan keberhasilan usaha ternak, yaitu sebesar 30%. Dalam hal pemberian pakan, ayam potong tidak memerlukan upaya feeding yang cukup rumit. Anda bisa memberinya dedak, konsentrat, jagung, atau pakan alternatif seperti sisa makanan. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan kandungan nutrisi dalam pakan, di antaranya protein dan energi. Porsi pakan yang diberikan juga harus disesuaikan dengan usia si ayam. Pada tahap awal, berikan vitamin dan antibiotik yang dicampur dalam air minum.




D. Harga Bibit Ayam Potong

Berapa ya kisaran harga bibit ayam potong? Meskipun harganya relatif berubah-ubah, Anda bisa lihat list di bawah ini sebagai panduannya.

No. Jenis Bibit Ayam Potong per Box Harga (Rp)
1 Ayam Potong KW 1 435.000 – 465.000
2 Ayam Potong KW 2 – Polos 255.000 – 305.000
3 BM Ayam Potong 315.000 – 355.000
4 Layer KW 1 605.000 – 655.000
5 Layer KW 2 255.000 – 305.000
6 Jantan Ayam Potong KW 1 305.000 – 355.000



Tinggalkan komentar

harga ayam petarung , Harga ikan melem , ayam wangkas vs ayam wiring , harga hamster anggora , info harga bebek pedaging , pakan new hope kandunganya , daftar harga pakan udang vaname , cara order pakan ayam broiler merk gemilang , budi daya ayam kate , Harga makanan burung jangkrik satu karung berapa , ikan sili , new hope ayam pedaging , harga pur ayam 512 berapa tahun 2019 , Harga bebek yg siap mau telor , harga pakan udang , merek konsentrat ayam , harga sembilang karang , harga ayam koper hari ini banyuwangi , harga ikan marli 1 kg ? , daftar harga udang hias tahun 2019 , harga pur 91 1 karung , Cara order ke pt farmsco , harga bebek petelur mojosari hari ini 2019 yang udah siap bertelur indonesia , harga pakan lele hi pro vite 2018 , harga Pakan lele , jenis bibit bebek pedaging harga , harga pur babi 1 karung , harga tengkulak udang windu , harga consentrat 124p di tahun 2019 , harga jenis ikan teri,!-- Begin ShinyStat Code -->