Harga Ayam Hutan

Ayam hutan merupakan jenis ayam yang habitatnya di dalam hutan, tidak seperti ayam yang diternakan ayam ini cukup agresif sehingga susah untuk ditangkap. Ayam ini memiliki beberapa nama populer seperti pithik alas untuk orang jawa dan ajem alas di madura. Ciri fisik ayam hutan hampir sama dengan ayam kampung, sebagian orang beranggapan ayam hutan adalah leluhur ayam kampung.

Walaupun memiliki kemiripan secara fisik, namun ayam hutan memiliki kelebihan seperti tubuhnya lebih ramping, bulu yang indah, suara yang keras dan merdu serta bisa terbang tinggi. Ayam hutan jantan memiliki tubuh yang tegap serta bulu yang indah dengan warna terang sedangkan betinannya cenderung memiliki warna bulu kusam dengan bentuk tubuh membulat.

Budidaya dan Harga Ayam Hutan

harga ayam hutan




Awalnya ayam ini diburu oleh masyarakat untuk diambil dagingnya, namun seiring dengan perkembangannya ayam ini lebih dipilih sebagai ayam hias karena nilai ekonomisnya yang lebih tinggi. Hal ini membuat budidaya ayam hutan memiliki peluang yang bagus.

Yuk Baca Juga :   Harga Ayam Poland

A. Jenis Ayam Hutan

Di seluruh dunia ayam hutan menyebar mulai dari India, Srilanka hingga ke Asia Tenggara termasuk di kepulauan Indonesia. Secara umum ayam hutan dapat dibedakan menjadi 4 jenis yang berbeda, diantaranya

  • Ayam Hutan Abu-abu
  • Ayam Hutan Hijau
  • Ayam Hutan Merah
  • AYam Hutan Srilanka

Di Indonesia terdapat dua jenis ayam hutan yaitu ayam hutan merah dan hijau yang menyebar secara alami di kepulauan bagian barat. Ayam hutan merah merupakan leluhur dari ayam kampung sedangkan hasil persilangan ayam hutan merah dan ayam hutan hijau menghasilkan ayam bekisar.

Seiring dengan majunya teknologi dan ilmu peternakan di pasaran kini terdapat beberapa jenis ayam hutan yang berbeda seperti, ayam hutan putih dan biru yang cukup langka dan memiliki harga yang cukup tinggi.




Untuk lebih jelas mengenai ciri-ciri, Perbedaan Jantan dan Betina Atau Varianya Silakan Baca Disini : Jenis Ayam Hutan yang digemari

B. Makanan Ayam Hutan

Ayam hutan merupakan omnivora atau pemakan segala, meskipun begitu ayam ini cenderung memakan biji-bijian, seranga, pucuk-pucuk rumput dan hewan berukuran kecil. Namun untuk ayam hutan hasil budidaya akan sedikit berbeda seperti berikut.

  1. Berikan pakan berupa biji-bijian sebagai langkah awal untuk adaptasi dengan lingkungan baru
  2. Pastikan stok minuman selalu tersedia jangan sampai kering
  3. Berikan makanan tambahan tinggi protein seperti cacing, jangkrik dan ulat.
  4. Pemberian pakan dijadwal secara teratur
  5. Pemberian multivitamin untuk pertumbuhan yang baik
Yuk Baca Juga :   Harga Bebek Pedaging

C. Cara Budidaya Ayam Hutan

Budidaya ayam hutan sebenarnya tidaklah terlalu sulit, proses adaptasi ayam terhadap lingkungan yang baru merupakan kunci sukses beternak unggas ini. Habitat asli ayam ini merupakan hutan belantara yang jauh dari keramaian dan makanan yang tersedia melimpah.




Untuk itu kita harus memperhatikan beberapa unsur penting tersebut, ayam hutan harus kita jauhkan dari keramaian serta pembelajaran adaptasi pakan yang harus dilakukan. Berikut beberapa tips dalam budidaya ayam utan yang harus diperhatikan.

  • Buat kandang dengan ukuran cukup luas
  • Berikan pakan seperti pada habitat aslinya
  • Pemberian multivitamin untuk menunjang pertumbuhan
  • Lakukan vaksinasi untuk mencegah penyakit
  • Pembersihan kandang secara rutin
  • Lakukan pengecekan kesehatan secara rutin
Yuk Baca Juga :   Harga Ayam Cemani

Untuk Lebih jelas seputar budidaya Ayam Hutan ini silakan baca selengkapnya disini : Cara Budidaya Ayam Hutan

D. Harga Ayam Hutan

Harga ayam hutan berbeda-beda tergantung dari jenis,umur dan keindaan bulunya. Semakin besar dan bagus warnanya maka akan semakin mahal. Berikut daftar arga ayam hutan yang ada di pasaran.

No. Jenis Ayam Hutan Harga
1  Betina Rp 100.000
2  Hijau 1 Bulan Rp 200.000
3  Hijau 2 Minggu Rp 150.000
4  Hijau Betina 2 Bulan Rp 350.000
5  Hijau Jantan 2 Bulan Rp 350.000
6  Jantan Rp 200.000
7  Merah Rp 250.000
8 Anak  2-3 minggu Rp 100.000 – 250.000
9 Merah Papua Rp 700.000
10 Pejantan Jinak Rp 1. 200.000

Demikian ulasan harga ayam hutan yang dapat kami berikan untuk pembaca sekalian. Semoga bermanfaat serta dapat menjadi panduan dalam memilih dan membeli ayam hutan dengan harga yang sesuai. Terima kasih



Tinggalkan komentar

harga ikan mas per kg , harga ayam petarung , Harga ikan melem , ayam wangkas vs ayam wiring , harga hamster anggora , info harga bebek pedaging , pakan new hope kandunganya , daftar harga pakan udang vaname , cara order pakan ayam broiler merk gemilang , budi daya ayam kate , Harga makanan burung jangkrik satu karung berapa , ikan sili , new hope ayam pedaging , harga pur ayam 512 berapa tahun 2019 , Harga bebek yg siap mau telor , harga pakan udang , merek konsentrat ayam , harga sembilang karang , harga ayam koper hari ini banyuwangi , harga ikan marli 1 kg ? , daftar harga udang hias tahun 2019 , harga pur 91 1 karung , Cara order ke pt farmsco , harga bebek petelur mojosari hari ini 2019 yang udah siap bertelur indonesia , harga pakan lele hi pro vite 2018 , harga Pakan lele , jenis bibit bebek pedaging harga , harga pur babi 1 karung , harga tengkulak udang windu , harga consentrat 124p di tahun 2019,!-- Begin ShinyStat Code -->