Harga Ayam Brahma

Ayam brahma merupakan jenis unggas dengan ukuran yang cukup besar bila dibandingkan dengan ayam pada umumnya. Dengan postur tubuhnya yang tinggi dan besar, ayam ini banyak dimanfaatkan sebagai pedaging dan petelur pada jaman dahulu. Hal ini tidak mengherankan tentu produktivitas telur dan daging yang dihasilkan pasti melimpah karena memiliki postur yang tinggi dan besar. Seiring dengan berjalannya waktu masyarakat mulai mengagumi bentuk tubuh dan warna bulunya yang indah  sebagai ayam hias. Selain tubuh yang tinggi besar, ciri lain dari ayam brahma adalah bulunya yang cenderung lebih tebal dari jenis unggas lainnya.

Ayam ini merupakan unggas yang berasal dari kota Brahmaputera, sebuah daerah di negara India sana. Ayam Brahma telah menjadi perhatian para pecinta ayam hias sejak pertama kali kemunculannya di Indonesia. Postur tubuh yang jumbo dan bulu yang indah membuat ayam ini dihargai cukup tinggi dikalangan penghobi maupun kolektor ayam hias.

Budidaya dan Harga Ayam Brahma

harga ayam brahma




Ayam brahma cukup produktif dalam proses berkembang biak, memasuki usia 8 bulanan sudah memasuki masa kawin dan di usia ini pula betina mulai bertelur. Indukan ayam ini mampu bertelur 15-18 telur dalam sekali masa bertelur jika proses pengeraman dilakukan secara alami. Namun jika menggunakan mesin penetas produktifitas telurnya mencapai 40-60 butir dalam satu masa bertelur. WOw…. banyak banget telur yang dihasilkan dari seekor betina bahkan hampir 2 sampai 3 kali lipat telur ayam kampung dalam sekali masa bertelur.

Yuk Baca Juga :   Harga Ayam Mutiara

A. Jenis Ayam Brahma

Belum banyak orang yang mengetahui keberadaan ayam brahma membuat jarang sekali muncul pertanyaan tentang jenis- jenis ayam brahma. Namun pada umumnya, ayam brahma dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan warna bulunya. Berikut beberapa jenis ayam brahma yang ada di pasaran.

  • Columbian Light
  • Light Brahma
  • Dark Brahma
  • Isabel
  • Salmon
  • Blue Brahma
  • Mix Colour Brahma

Untuk lebih jelas mengenai ciri-ciri, Perbedaan Jantan dan Betina Atau Varianya Silakan Baca Disini : Jenis Ayam Brahma

B. Pakan Ayam Brahma

Dalam memberikan pakan pada ayam brahma harus disesuaikan dengan kebutuhan gizi pada masa pertumbuhannya. Jenis makanannya sangat mudah kita temukan seperti bekatul, jagung, beras, dan jenis kacang – kacangan. Pola pemberian pakan di sesuaikan dengan usianya, misal anakan brahma di berikan pakan yang sesuai untuk mempercepat laju pertumbuan sedangkan pada indukan yang memasuki masa bertelur pakan yang di berikan merupakan pemicu produksi telur. Berikut beberapa tips pemberian pakan pada ayam brahma.




  1. Pastikan makanan yang diberikan bernutrisi tinggi
  2. Berikan pakan sesuai dengan usia
  3. Berikan voer atau konsentrat untuk mempercepat laju pertumbuhan
  4. Berikan tambahan multivitamin
  5. Atur jadwal pemberian pakan secara teratur agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi
Yuk Baca Juga :   Harga Ayam Hutan

C. Cara Budidaya Ayam Brahma

Beternak ayam brahma sebenarnya sangat sederhana dan dapat dilakukan oleh seorang pemula sekalipun. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena ayam ini mudah sekali stres. Jika mengalami stres maka ayam brahma akan merontokan bulunya, hal ini tentu akan mengurangi nilai keindahannya. Berikut beberapa hal penting yang harus di perhatikan dalam memihara ayam brahma.

  • Pastikan kandang berukuran cukup luas
  • Posisikan kandang dalam ruangan terbuka
  • Berikan alas tanah dalam kandang
  • Berikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian
  • Pengendalian Penyakit

Ayam brahma mempunyai perawakan yang bongsor, suka menggaruk tanah dan mudah stres diruangan tertutup. Oleh karena itu peternak di tuntut membuat kandang yang sesuai. Untuk Lebih jelas seputar budidaya Ayam Brahma ini silakan baca selengkapnya disini : Cara Budidaya Ayam Brahma

Yuk Baca Juga :   Harga Ayam Poland

D. Harga Ayam Brahma

Harga ayam brahma di pengaruhi dari jenis, umur dan ukuran ayam tersebut. Hal ini pula yang membuat harganya cukup bervariasi di pasaran. Berikut daftar harga ayam brahma dari berbagai sumber di pasaran.




No. Jenis  Ayam Brahma  Harga
1 Umur 1 bulan  Rp. 2.500.000/pasang
2 Umur 2 bulan  Rp. 3.500.000/pasang
3 Umur 3 bulan  Rp. 5.000.000/pasang
4 Umur 4 bulan  Rp. 7.000.000/pasang
5 Indukan Asia  Rp. 11.000.000/pasang
6 Indukan Eropa  Rp. 16.000.000/pasang
7 Indukan Siap Bertelur  Rp. 20.000.000/pasang
8 Indukan 2 Betina 1 Jantan  Rp. 25.000.000

Ayam brahma memiliki karakteristik berbadan tinggi mencapai 70 cm dan bobot mencapai 7 kg untuk pejantan. Jika di bandingkan dengan pejantan ayam kampung yang memiliki tinggi 40 cm dan bobot maksimal 2,5 kg ayam ini terlihat sangat besar.

Demikian informasi mengenai harga ayam brahma yang dapat kami sampaikan. Kami merangkum harga ayam brahma diatas dari beberapa penjual dan penghobi ayam hias. Mungkin terdapat perbedaan namun masih dalam taraf normal dan dapat dijadikan acuan sebelum membeli jenis ayam ini. Semoga bermanfaat



Tinggalkan komentar

Berapa harga ulat hongkong per kilo , Harga jangkrik , magon , Berapa harga benih ikan lele sekarang per gelas , Harga ayam pelung dari kampung , Perbedaan ayam brahma blue light dan light colombian , ikan nemo , harga domba garut 2019 , harga terbaru pakan lele , wallpaper ayam wiring umur 5 bulan , harga 1 kg telur , harga ulat hongkong 2019 , harga sapi bali 2019 , lihat harga ayam bangkok yg bagus , harga ikan koki bubble eye , harga bibit lele sangkuriang 2018 , harga ikan mas per kg , harga ayam petarung , Harga ikan melem , ayam wangkas vs ayam wiring , harga hamster anggora , info harga bebek pedaging , pakan new hope kandunganya , daftar harga pakan udang vaname , cara order pakan ayam broiler merk gemilang , budi daya ayam kate , Harga makanan burung jangkrik satu karung berapa , ikan sili , new hope ayam pedaging , harga pur ayam 512 berapa tahun 2019,!-- Begin ShinyStat Code -->