Harga Ayam Arab

Ayam arab merupakan jenis ayam petelur dari keturunan brakel kriel-silver dari Belgia. Pemberian nama ayam arab karena pejantan ayam ini memiliki daya seksual yang tinggi dan keberadaanya di indonesia melalui telur yang di bawa jemaah haji  dari Mekkah yang pulang ke tanah air. Produktifitas ayam arab sangat tinggi mencapai 250 -260 butir pertahun dengan berat 40-45 gram. Betina ayam arab akan terus-menerus menghasilkan telur bakan hampir setiap hari pada masa produktifnya. Volume kuning telur jenis ayam ini sangat besar mencapai 53,2% dari total berat telur.

Ayam jenis ini jarang sekali dimanfaatkan sebagai pedaging karena dagingnya lebih tipis dari ayam kampung dan warna kulit yang kehitaman. Secara keseluruan ayam arab mudah dikenali dari bulunya yang berwarna putih mengkilap di sepanjang leher, warna bulu sayap hitam bergaris dan bulu ekor campuran warna hitam dan putih.

Budidaya dan Harga Ayam Arab

harga ayam arab




Ayam Arab secara genetik merupakan ayam buras kualitas unggulan karena kemampuannya dalam memproduksi telur yang sangat tinggi. Oleh karena itu banyak masyarakat membudidayakan ayam jenis ini sebagai petelur bukan memanfaatkannya sebagai ayam pedaging. Selain karena dagingnya yang lebih tipis dari ayam kampung serta warna kulit yang agak kehitaman kurang digemari masyarakat. Beternak ayam arab juga memiliki keuntungan yang tinggi dibandingkan dengan ayam petelur jenis lainnya.

Yuk Baca Juga :   Harga Ayam Pelung

A. Jenis Ayam Arab

Populasi ayam arab saat ini cukup banyak mengingat para peternak mulai membudidayakannya sebagai jenis ayam petelur unggulan. Penyebarannya cukup banyak di pulau jawa dan mulai menyebar ke seluruh wilayah Indonesia. Jika melihat perbedaan warna bulunya ayam arab dapat di bedakan menjadi 2 jenis yaitu silver dan Golden.

1. Ayam Arab Silver

Merupakan jenis ayam arab dengan warna bulu dominan putih dengan kombinasi warna hitam pada sayap dan ekor. Kaki dan parunya berwarna kekuningan walaupun kadang berwarna kehitaman. Jenis ayam ini memiliki bobot tubuh maksimal 1,7 kg untuk jantan dan 1,4 kg untuk betina serta mampu memproduksi telur hingga 230 butir per tahun.

2. Ayam Arab Golden

Merupakan jenis ayam arab dengan warna bulu merah kekuningan dan hitam. Warna kaki dan paruhnya sama dengan jenis silver, bobot pejantan dewasa mencapai 1,8 kg dan betina 1,3 kg serta kemampuan dalam memproduksi telur mencapai 187 kg per tahun




Yuk Baca Juga :   Harga DOC Ayam Broiler

Untuk lebih jelas mengenai ciri-ciri, Perbedaan Jantan dan Betina Atau Kelebihan dan Kekurangannya Silakan Baca Disini : Jenis Ayam Arab

B. Pakan Ayam Arab

Sebagai ayam petelur yang cukup produktif, ayam arab perlu mendapatkan pakan yang bermutu dan bernutrisi tinggi. Komposisi pakan ayam arab dalam masa bertelur berbeda dengan saat masih anakan maupun remaja. Kandungan protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin yang cukup dalam pakan akan meningkatkan produksi telur. Berikut beberapa pakan yang direkomendasikan untuk ayam arab.

  1. Berikan pakan yang bermutu dan bernutrisi
  2. Atur jadwal pemberian pakan
  3. Berikan pakan konsentrat atau voer sebagai makanan tambahan
  4. Berikan probotik agar makanan mudah dicerna
  5. Perhatikan nilai kecukupan protein dan energi harian ayam arab

C. Cara Beternak Ayam Arab

Budidaya ayam arab bisa menjadikan peluang usaha yang bagus karena kemampuan ayam ini dalam memproduksi telur sangat tinggi. Namun untuk memaksimalkan produktifitas ayam arab perlu dilakukan perawatan yang maksimal. Berikut beberapa perawatan yang harus dilakukan dalam budidaya ayam arab.




  • Buat kandang sesuai dengan umur, populasi dan tujuan budidaya
  • Jaga Kebersihan kandang dengan menyemprotkan desinfektan
  • Perhatikan jumlah dan mutu pakan yang diberikan
  • Pengendalian penyakit yang menyerang
  • Pengelolaan dan managemen usaha yang baik
Yuk Baca Juga :   Harga Ayam Poland

Untuk lebih jelas mengenai ciri-ciri, Perbedaan Jantan dan Betina Atau Varianya Silakan Baca Disini : Jenis Ayam Arab

D. Harga Ayam Arab

Permintaan pasar akan telur cukup tinggi, sehingga budiaya ayam petelur jenis unggulan seperti ayam arab merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Banyak orang mulai tertarik dengan budidaya ayam ini, harga indukan dan anakan yang cukup murah dapat memaksimalkan keuntungan. Berikut estimasi harga ayam arab yang berlaku di pasaran.

No. Jenis  Ayam Arab  Harga
1 Anakan Betina 2 Bulan  Rp. 22.000/ekor
2 Anakan Betina 3 Bulan  Rp. 31.000/ekor
3 Anakan Betina 4 Bulan  Rp. 45.000/ekor
4 Dewasa Untuk Konsumsi  Rp. 35.000 – Rp. 45.000/ekor
5 DOC Murni 100 Ekor  Rp. 275.000/box isi 100 ekor
6 Pullet  Rp. 40.000/ekor
7 Remaja Untuk Konsumsi  Rp. 25.000 – Rp.35.000/ekor
8 Telur Bibit  Rp. 1.200/butir
9 Telur Konsumsi  Rp. 700/butir

Demikian informasi mengenai harga ayam arab yang dapat kami berikan kepada anda. Perbedaan harga ayam arab ini bisa saja terjadi tergantung dari daerah pemasaran maupun faktor ekonomi yang tidak stabil.



Tinggalkan komentar

harga ikan mas per kg , harga ayam petarung , Harga ikan melem , ayam wangkas vs ayam wiring , harga hamster anggora , info harga bebek pedaging , pakan new hope kandunganya , daftar harga pakan udang vaname , cara order pakan ayam broiler merk gemilang , budi daya ayam kate , Harga makanan burung jangkrik satu karung berapa , ikan sili , new hope ayam pedaging , harga pur ayam 512 berapa tahun 2019 , Harga bebek yg siap mau telor , harga pakan udang , merek konsentrat ayam , harga sembilang karang , harga ayam koper hari ini banyuwangi , harga ikan marli 1 kg ? , daftar harga udang hias tahun 2019 , harga pur 91 1 karung , Cara order ke pt farmsco , harga bebek petelur mojosari hari ini 2019 yang udah siap bertelur indonesia , harga pakan lele hi pro vite 2018 , harga Pakan lele , jenis bibit bebek pedaging harga , harga pur babi 1 karung , harga tengkulak udang windu , harga consentrat 124p di tahun 2019,!-- Begin ShinyStat Code -->